Sunday, April 07, 2013

SISTEM ATAU MASALAH YANG KOMPLEKS

sistem yang kompleks

Banyak masalah melibatkan sistem yang kompleks atau proses. Kami mungkin akan diminta untuk menjelaskan bagaimana mereka bekerja, atau mungkin memperoleh pemahaman yang lebih baik dari mereka sehingga kita tahu bagaimana mereka dapat ditingkatkan. Dalam modul ini kita membahas metode analisis yang membantu kita memahami sistem yang kompleks dan proses.

Dasar dan sederhana di balik ide ini hanya untuk memahami fungsi dan perilaku obyek yang kompleks dalam hal komponen dan interaksi mereka.
§ G03.1 Menganalisis proses input-output yang kompleks

Di lingkungan komersial atau industiral, proses analisis adalah bagian dasar dari manajemen mutu dan pengembangan strategis. Di sini, proses dipandang sebagai prosedur penyusunan banyak langkah yang mengubah satu atau lebih input menjadi satu atau lebih output. Dalam garis produksi pabrik, masukan mungkin bahan baku atau komponen elektronik, dan output mungkin produk tertentu seperti komputer.

Untuk melakukan analisis proses, kita mengidentifikasi bagian-bagian yang berbeda dari proses, dan menggambar diagram yang menunjukkan bagaimana satu bagian dari proses mengarah ke bagian lain dari proses. Untuk memulai analisis, kita mungkin membagi seluruh proses menjadi bagian-bagian utama, dan kemudian kita dapat melakukan analisis lebih lanjut pada bagian-bagian yang lebih besar dan menunjukkan bagaimana mereka disusun untuk kegiatan yang berbeda dan tugas. Proses dekomposisi memungkinkan kita untuk melihat bagaimana proses ini disusun:

Salah satu cara untuk menggambar diagram sistematis proses yang kompleks adalah dengan menggunakan diagram alur. Anda dapat merujuk ke catatan ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang diagram alur.

 
§ G03.2 Menganalisis sistem yang kompleks

Metode dekomposisi yang sama dapat digunakan dalam memahami sistem yang kompleks. Misalnya, komputer terdiri dari bagian yang berbeda, termasuk memori, prosesor, layar, dan komponen antarmuka seperti keyboard dan mouse. Untuk memahami bagaimana komputer bekerja, kami mengidentifikasi fungsi dari komponen yang berbeda, dan melihat bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain.

No comments:

Post a Comment