Sunday, April 07, 2013

BAGAIMANA AGAR ANAK ANDA GEMAR MEMBACA

  1. MEMBACA DI SEKITAR ANAK ANDA, PERLIHATKAN ANDA MENIKMATI MEMBACA. Jika Anda mendorong anak Anda untuk menjadi seorang pembaca, ia perlu melihat Anda membaca. Anak Anda mengemulasi apa yang ia lihat di orang tuanya dan lain-lain. Jika dia melihat Anda menikmati buku atau surat kabar, ia akan ingin memahami mengapa Anda menikmati membaca. Cobalah membaca di depan anak Anda selama minimal 30 menit sehari.
  2.  MEMBACAKAN UNTUK ANAK SETIAP HARIi. Bahkan jika Anda hanya punya waktu untuk cerita sebelum tidur, jangan lewatkan saja. Membaca untuk anak Anda memberi Anda dan anak Anda waktu khusus bersama sambil memberikan minat dalam membaca
  3.  BIARKAN ANAK MEMBACA UNTUK ANDA. Jika anak Anda di sekolah atau mampu membaca sebelum dia masuk sekolah, biarkan anak membaca cerita untuk Anda. Anak Anda menikmati memamerkan keterampilan dan memberinya kesempatan untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana keterampilan membaca nya tumbuh akan melakukan keajaiban bagi harga dirinya.
  4. LIBATKAN ANAK DALAM CERITA. Saat Anda membaca dengan anak Anda, cobalah untuk tidak membaca cerita langsung melalui, dari depan sampai belakang. Dorong anak Anda untuk bertanya tentang apa yang terjadi dalam cerita untuk memberinya pemahaman lebih lanjut dari cerita. Mengajukan pertanyaan membantu anak Anda untuk "membangun" cerita dalam pikirannya. 
  5.  Cobalah menambahkan "bagaimana jika" waktu untuk cerita Anda. Kadang-kadang anak Anda mungkin tidak menyukai apa yang terjadi dalam sebuah buku tertentu atau ia hanya mungkin berpikir ia memiliki ide yang lebih baik. Biarkan anak Anda untuk mengubah cerita. Coba tanyakan pertanyaan anak seperti: "Bagaimana jika putri tidak pergi ke KERAJAAN?" atau "Bagaimana jika ksatria memutuskan untuk tidak membunuh naga?" IDE DAN PERTANYAAN AKANMENGEMBANGKAN KREATIFITAS MEMBACA ANAK. 
  6. BIARKAN anak-anak untuk membaca dengan langkah mereka sendiri. Hanya membantu mereka ketika mereka benar-benar membutuhkan bantuan Anda dengan kata. Jangan biarkan mereka terlalu bergantung pada bantuan Anda. Jika mereka menemukan langkah mereka sendiri, mereka akan menikmati seluruh pengalaman membaca yang jauh lebih daripada seharusnya mereka
  7. Biarkan anak-anak memilih buku-buku mereka sendiri. Bahkan jika itu ternyata menjadi 10 halaman dan sebagian besar gambar, memberikan anak-anak Anda kebebasan untuk membuat pilihan mereka sendiri. Tak lama kemudian mereka akan mulai memilih buku-buku yang lebih substansial, hanya untuk membuat menyenangkan lebih lama.
  8. Reward anak Anda dengan sesuatu yang mereka nikmati ketika mereka mencapai sejumlah bacaan. Misalnya, jika mereka suka makan di luar, Anda bisa menjanjikan mereka perjalanan ke restoran favorit mereka. Jika mereka mencintai bermain, Anda bisa menjanjikan perjalanan lapangan ke taman.
  9. Memberi contoh. Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mendorong anak Anda untuk membaca adalah untuk membiarkan mereka melihat Anda membaca! Membaca buku-buku yang Anda cintai bukan daripada menonton TV atau bermain game komputer. Baca sebanyak mungkin, memiliki banyak buku di rumah Anda, berbicara tentang buku yang sedang Anda baca, membuat membaca kegiatan sehari-hari ... dan anak-anak Anda pasti akan mengikutinya.

No comments:

Post a Comment